Tari Petake Gerinjing : Sejarah dan Asal Daerahnya

  • Bagikan
Tari Petake Gerinjing
Tari Petake Gerinjing

Tari Petake Gerinjing : Sejarah, Gambar dan Asal Daerahnya – Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali kebudayaan diantaranya seperti cabang – cabang seni tari yang berasal dari daerah – daerah di seluruh penjuru tanah air. Salah satu contohnya dari kebudayaan yang berasal dari daerah di Indonesia adalah dengan banyak sekali beraneka ragam adalah seni tari atau tarian – tariannya.

Tari Petake Gerinjing

Apalagi sekarang ini semakin lama budaya modern memenuhi gaya hidup keseharian masyarakat Indonesia. Tanpa kita sadari, budaya yang ada di daerah kita sudah mulai terlupakan begitu saja dan bahkan bisa berujung dengan kepunahan atau melupakan sebuah budaya. Padahal, budaya daerah ini menjadi salah satu harta yang sangat berharga, ciri khas, dan daya tarik negara lain itu sendiri yakni keunikan tari nusantaranya.

Untuk itu, seyogyanya dimulai dari kesadara diri kita sendiri untuk melestarikan budaya kita agar nantinya tidak punah. Setidaknya dengan begitu bisa menambah pengetahuan tentang kearifan budaya Indonesia agar bisa kita ceritakan nanti ke banyak orang atau berbagai negara. Yuk mari kita kenali kesenian budaya dari salah satu daerah di Indonesia. Yaitu berupa seni tari atau tarian tradisional yang bernama tari petake gerinjing yang berasal dari daerah di Indoneia yaitu Sumatera Selatan.

Keunikan Tari Petake Gerinjing

Tarian ini merupakan gerakan tubuh yang dilakukan pada waktu dan pada tempat tertentu sebagai bentuk dari sarana pergaulan, salah satu ungkapan perasaan seseorang, menampilkan berbagai keunikan gerak tari daerah di Indonesia, maksud dan pikirannya secara berirama. Hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki jenis kebudayaan tari tradisional maupun modern yang berbeda beda. Meskipun banyaknya perbedaan antara seni tari satu dengan seni tari yang lain, masing masing tarian memiliki daya tarik dan keunikannya tersendiri.

Justru dengan adanya hal beraneka ragam kebudayaan tradisional yang tersebar diseluruh pulau tanah air, bangsa indonesia ini bisa menjadi negara yang terkenal dan terbaik akan kekayaan seni tarinya, budaya serta kesenian tradisional yang dimilikinya. Nah, diantara banyaknya jenis tarian tersebut yang hamir setiap daerah memilikinya, disini kita akan mencoba membahas beberapa jenis tarian yang sudah terkenal di negara kita Indonesia tercinta ini. Salah satu diantaranya adalah seni tari petake gerinjing yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini.

Asal Daerah Tari Petake Gerinjing

Tari petake gerinjing adalah salah satu seni tari tradisional yang berasal dari sumatera selatan. Seni tari ini merupakan tari kreasi yang menceritakan tentang masyarakat yang tinggal di daerah pagalaram, provinsi sumatera selatan, yang mendapat azab dikarenakan tidak mematuhi norma norma dan adat istiadat yang ada. Azab tersebut digambarkan dengan datangnya bencana banjir bandang yang menyapu peradaban.

Dalam pertunjukannya, pada awal babak gerakan seni tari petake gerinjing ini menceritakan tentang kehidupan dari masyarakat yang dahulu tentram, kemudian mendapat azab dikarenakan banyak yang berbuat zinah, buang sampah sembarangan, dan juga tidak melestarikan alam. Secara umum, garapan gerak pada tarian ini memadukan antara tradisional dan kontemporer.

Datangnya bencana banjir bandang sebagai azab, kemudian disimbolkan dari bentangan kain yang terus bergoyang goyang seperti menyerupai gelombang air. Masyarakat di dalamnya panik dan berusaha untuk melarikan diri dari bencana tersebut. Sementara dari segi musik, seni tari petake gerinjing ini diiringi oleh alat musik anaara perpaduan lokal dan modern. Alat musik tersebut diantaranya adalah seperti kenong, dol, jimbe, gitar, organ, dan sesekali terdengar alunan vokal yang menarasikan dari jalannya tarian.

Kostum Tari Petake Gerinjing

Para penari dalam tarian ini mengenakan pakaian dengan warna yang serba terang. Meskipun terkesan kontemporer, kostum tersebut masih mengadopsi dari nilai tradisional, mengingat bagian bawah dari pakaian yang dikenakan para penari menggunakan kain batik bercorak khas pagalaram.

Banyak amanat yang disampaikan pada seni tari ini, terutama adalah bagaimana manusia mampu untuk hidup untuk hidup berdampingan dengan alam sambil terus menerus menjaga adat istiadat dan norma norma yang berlaku.

Anugerah keindahan alam yang memang telah selayaknya dijaga dan juga dihormati sebagai rasa syukur manusia terhadap sang pencipta, arena bersikap sebalikny, tent akan mendatangkan malapetaka, seperti yang tergambar dari seni tari petake gerinjing.

Akhir Kata

Demikian artikel yang dapat kami sajikan mengenai tari petake gerinjing dan penjelasannya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan berguna serta menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi kita. Tetap lestarikan budaya daerah Indonesia agar tidak punah dan agar dapata dinikmati anak cucu kita nanti.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page