Orang Yang Diharamkan Disentuh Api Neraka

  • Bagikan
Orang Yang Diharamkan Disentuh Api Neraka
Sumber Gambar: Akurat.co

Orang yang diharamkan disentuh Api neraka – Wah masyaAllah banget ya 🙁 orang yang diharamkan diisentuh neraka adalah orang yang special Dimata Allah. Terkadang kita sadar hal hal yang akan menjerumuskan kita ke neraka, kita juga sadar perbuatan apa yang diharus ditinggalkan, kenapa kita terkadang lalai dengan perintah Allah.

Orang Yang Diharamkan Disentuh Api Neraka

Karena itulah mari kita perbaiki diri, jangan pernah ngecewain Allah.katanya mau masuk neraka?tapi kenapa disuruh taat sama Allah Masi males, naudzubillah.

SIAPA sih yang tak takut mendengar kata ‘Neraka.’ Tak akan ada seorang pun yang mau masuk neraka, sekalipun ia adalah ahli maksiat. Neraka adalah seburuk-buruknya tempat kembali. Karena itu sejatinya Muslim selalu berdoa agar dijauhkan dari panasnya api neraka..
Seperti apa si gambaran neraka itu

Gambaran Pedihnya Siksa Api Neraka

Panasnya api neraka melebihi api terpanas yang ada di dunia. Perbandingan panasnya api neraka adalah 70x panas api yang paling panas di dunia. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasul Shalallahu ‘Alaihi Wassallam melalui haditsnya:

نَارُكم هذِه ما يُوقدُ بنُو آدمَ جُزْءٌ واحدٌ من سبعين جزءاً من نار جهنَّم

Api yang dinyalakan oleh Ibnu Adam adalah satu bagian dari tujuh puluh bagian dari panasnya api Jahannam. (HR. Bukhari, No. 3265)

Sekedar pengetahuan saja, bahwa api yang paling panas di dunia ini adalah api yang berwarna putih dengan suhu lebih dari 2000 derajat Celcius. Api tersebut masih belum sebanding dengan api neraka yang terus menerus dipanaskan hingga berwarna hitam dan punya suhu hingga 70 kali lipat lebih panas. Jika api biasa saja kita sudah kepanasan, apalagi api hitam dari neraka ?

Namun ternyata tidak selamanya neraka diisi oleh panasnya api.
Menurut Rasulullah SAW, setiap orang kelak akan ‘mampir’ di neraka. Sebagian yang mampir akan diangkat dan meneruskan ke surga dan ada pula yang selamanya di neraka.

Kalian mau gak masuk dalam golongan ini? Pasti nya mau yaa mau banget malah.

Siapa aja sih orang orang yang digolongkan yg diharamkan disentuh neraka.? Ada 4 golongan orang yang special Dimata Allah.

Maukah kalian aku tunjukkan orang yang Haram baginya tersentuh api neraka?” Para sahabat berkata, “Mau, wahai Rasulullah!” Beliau menjawab: “Yang Haram tersentuh api neraka adalah) orang yang Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl.” (HR. At-Tirmidzi & Ibnu Hibban, dishahihkan Al-Albani.

Pertama, Hayyin

Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Tidak labil dan gampang marah, penuh pertimbangan. Tidak mudah memaki, melaknat serta teduh jiwanya.

Kedua, Layyin

Orang yang lembut dan santun, baik dalam bertutur-kata atau bersikap. Tidak kasar, tidak semaunya sendiri. Tidak galak, tidak suka memarahi orang yang berbeda pendapat dengannya. Tidak suka melakukan pemaksaan pendapat. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia.

Ketiga, Qarib

Akrab, ramah diajak bicara, menyenangkan bagi orang yang diajak bicara. Wajah yang berseri-seri dan murah senyum jika bertemu serta selalu menebar salam.

Keempat, Sahl

Orang yang tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan tidak membuat orang lain susah. Wallahualam.

Ke-4 golongan manusia yang haram disentuh neraka di atas bisa dijadikan contoh bahwa rahmat Allah sangat besar sehingga memungkinkan orang-orang dengan sifat tersebut bisa terhindar dari api yang panas. Jika kita merasa kesulitan untuk mencontoh keempatnya, setidaknya contohlah salah satu dari 4 golongan manusia ini dan tetap istiqomah di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dan Semoga kita termasuk dalam golongan diatas aamiin aamiin yaRabbal Alaamiin.

Artikel kiriman dari:

Sitti nur Aini

Mahasiswi stei SEBI
Organisasi KSEI IsEF PBM

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page