Hal-Hal yang Dapat Dilakukan untuk Menambah Pahala di bulan Ramadhan

  • Bagikan
Hal yan dapat menambah Pahala di Bulan Ramadhan
Hal yan dapat menambah Pahala di Bulan Ramadhan

Hal yang dapat dilakukan untuk menambah pahala di bulan Ramadhan – Dengan hadirnya bulan suci Ramadan maka hendaknya disambut dengan rasa sukacita oleh umat muslim. Bagaimana tidak, di bulan suci Ramadhan bagi kaum muslim adalah bulan yang memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan denga bulan lainnya.

Amalan Menambah Pahala di Bulan Ramadhan

Di bulan ini, umat muslim percaya bahwa ada banyak keberkahan dan ampunan yang diberikan Allah SWT kepada hambanya, semua amalan wajib juga dilipatgandakan. Karena iu uat islam berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah dan amalan-amalan lainnya dilakukan di bulan Ramadhan ini demi mendapat tambahan pahala dari Allah SWT berkali-lipat.

Sebagaimana dijelaskan dalam As-Sunah yang diriwayatkan oleh HR Al-Bukhari bahwa “Pintu syurga akan dibuka selebar-lebarnya, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu pada saat Ramadan,” (HR Al-Bukhari).

Nah untuk meningkatkan kualitas ibadah dan sebuah amalam sepanjang bulan Ramadhan, ada banyak sekali yang bisa Anda lakukan. Terlebih tidur siang saat puasa pun akan dijamin limpahan pahala namun jangan terlalu dibiasakan ya’. Nah, berikut ada beberapa ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di bulan puasa Ramadhan agar mendapatkan limpahan pahala.

1# Tadarus Al Quran

Di Masjid, Mushola dan Rumah atau dimanapun, seringkali kita mendengarkan tadarus saat bulan ramadhan. Kaum muslim akan berlomba-lomba untuk mendapatkan limpahan pahala yang berlipatganda. Salah satunya dengan tadarus dengan membaca ayat suci Al Qur’an baik sendiri maupun secara bersama-sama.

2# Tingkatkan Sholat Sunah

Bagi kaum muslimin, Salat lima waktu merupakan hal yang wajib dilakukan seagai ungkapan syukur atas kebesaran Allah SWT. Namun demikian, Allah SWT juga menyarankan hambanya untuk melaksanakan sholah-shlat sunah di berbagai kesempatan dan waktu agar mendapat limpahan pahala.

Untuk mendapatkan limpahan pahala yang berlipat ganda saat ramadhan, mengerjakan sholat sunah baik di siang hari maupunn malam hari, tentunya merupakan cara yang baik untuk mencapatkan limpahan pahala yang berlipatganda.

3# Menyiapkan takjil atau makanan bagi orang yang berpuasa

Bagi kalian yang memiliki kelebihan rejeki saat bulan puasa ada baiknya jika bisa saling berbagi dan membantu sesama. Seperti halnya menyiapkan takjil atau makanan pembuka pada saat berpuasa merupakan sebuah amalan yang niscaya akan mendapat limpahan pahala yang berlipatganda.

4# Memperbanyak zikir

Bulan Ramadan, seluruh waktu memiliki kemuliaan. Dari pagi hingga malam hari. Maka dari itu memperbanyak dengan amalan baik. Selain dengan beribadah sholat sunah, bersedekah, bertadarus, dan menyiapkan takjil. Masih ada banyak kegiatan lainnya seperti memperbanyak zikir dan mohon ampun kepada Allah SWT.

5# Memperbanyak Sedekah

Di bulan suci penuh berkah ini manusia diharapkan untuk bisa memperbanyak sedekah. Menuangkan rasa empati terhadap orang yang lebih membutuhkan merupakan sebuah kemuliaan. Bersedekah bisa berbagai macan, sesuai dengan kemampuan bisa berupa uang, barang, tenaga dan pemikiran dengan mengharapkan keikhlasan, bukan dengan riya. Niscaya Allah SWT akan melimpahkan pahala bagi yang menjalankannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page