Menu
Media Edukasi Generasi Milenial

Doa Ziarah Kubur Lengkap Dengan Penjelasannya

  • Bagikan
Doa Ziarah Kubur
Doa Ziarah Kubur

Doa Ziarah Kubur Lengkap Dengan Penjelasannya yang perlu kamu ketahui. Tahukah Anda tentang doa ziarah pemakaman?. Biasanya ada tradisi bahwa rata-rata orang berziarah ke kuburan saat bulan Ramadhan atau Idul Fitri. Padahal, Doa Ziarah Kubur bisa dilakukan kapan saja dan tidak terikat pada waktu tertentu. Namun, meski sudah menjadi kebiasaan di masyarakat, ziarah ke liang kubur bukanlah bentuk ibadah wajib dan tidak menimbulkan dosa jika tidak dilakukan.

Doa Ziarah Kubur

Tata cara haji ke liang kubur menurut Islam hanyalah salah satu anggapan bahwa seorang muslim selalu meyakini dan mengingat kematian. Dengan mengunjungi kuburan, umat Islam akan mengingat bahwa kematian itu nyata.

Tata cara menunaikan ibadah haji menurut Islam merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam, khususnya ke makam orang tua sendiri. Ziarah ke liang kubur termasuk ibadah yang mulia di mata Allah. Islam mengajarkan untuk menghormati orang bahkan ketika mereka sudah meninggal.

Biasanya kebiasaan naik haji ke liang kubur dilakukan sebelum Ramadhan atau setelah kembali ke shalat Idul Fitri. Padahal sebenarnya Islam tidak hanya berdiri saat itu, banyak dari kita yang jarang menunaikan ibadah haji ke liang kubur. Padatnya aktivitas menjadi salah satu alasan mengapa sebagian dari kita tidak menunaikan ibadah haji ke liang kubur.

Tujuan dari membaca ziarah ke liang kubur adalah untuk mengingatkan para peziarah bahwa kehidupan di dunia ini tidak kekal, dan untuk mengingatkan mereka tentang akhir hari. Ziarah ke kuburan diperbolehkan setiap saat. Dahulu Rasul Allah memang melarang para sahabatnya untuk menunaikan ibadah haji sebelum dibacakan. Karena saat itu, banyak umat Islam yang salah paham dengan konsep “ziarah ke liang kubur”. Seperti yang dikatakan Nabi:

Bagaimana Penjelasan Tentang Doa Ziarah Kubur?

“Padahal, dulu saya melarang kamu naik haji ke kuburan, jadi (sekarang) haji karena itu akan mengingatkan kamu akan kehidupan masa depan kamu dan meningkatkan kebaikan kamu. Dalam ritual ziarah ke kuburan ada adab, pantangan dan pantangan. Salah satu adab dalam ritual ibadah haji menurut Islam adalah mendoakan orang yang dimakamkan di depan kita.

Sedangkan menurut sunnah, memercikkan bunga atau menyiram air di atas kuburan bukanlah bagian wajib dari tata cara haji ke kuburan. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut kami rangkum tata cara haji ke makam dengan shalat yang sesuai dengan ajaran Islam.

Lakukan wudhu sebelum melakukan ziarah kuburan

Ziarah pertama ke kuburan adalah wudhu. Sebelum berziarah, kita harus mandi terlebih dahulu agar bisa melengkapi dan mensucikan niat kita untuk berziarah kubur.

Ucapkan Salam Kepada Ahli Kubur

Tata cara ziarah kubur yang selanjutnya adalah ucapkan salam. Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk mengucapkan salam yang juga sekaligus doa ketika masuk ke dalam area pemakaman.


السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ، وَيَرْحَمُ اللهُ الْمُسْتَقْدِمِينَ مِنَّا وَالْمُسْتَأْخِرِينَ، وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

Assalamu Alaikum Ahlad-Diyaar Minal Mu miniina Wal Muslimiin. Yarhamulloohul Mustaqdimiina Minnaa Wal Musta khiriin. Wa Inna Insyaa Alloohu Bikum La-Laahiquun. Wa As Alullooha Lanaa Walakumul Aafiyah.

Artinya: Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam, semoga Allah merahmati orang-orang yang mendahului kami dan orang-orang yang datang belakangan. Kami insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.

Menghadapi Kiblat sambil berdoa untuk almarhum dan melakukan dzikir

Cara ketiga berziarah ke liang kubur adalah kita harus menunjuk ke arah kiblat saat kita berdoa untuk almarhum dan melakukan dzikir. Pembacaan tasbih, takbir dan takhmid juga sangat disarankan untuk melengkapi doa Anda kepada orang-orang yang Anda doakan selama ziarah pemakaman Anda.

Kirimkan doa untuk orang mati

Urutan ziarah penguburan berikutnya dengan persembahan doa kepada almarhum. Setelah itu, membaca tasbih, takbir, takhmid, dzikir dan doa yang dipersembahkan untuk almarhum. Kemudian berdoa untuk almarhum yang diakhiri dengan pembacaan al-Fatih.

Baca Surat pendek

Tata cara ziarah ke liang kubur dengan pembacaan ayat-ayat pendek, seperti dalam an-naas). Memberi pahala kuburan, karena memang pahala atas kisah al-Marwazi dari Ahmad bin Hanbal, beliau pernah berkata bahwa: Jika masuk taman kuburan (kuburan), maka baca al-Fatiha, Sura Ihlash dkk. Muawwidzatin (al -Falak dan mendapatkan mereka.

Bagaimana dengan contoh bacaan Doa Ziarah Kubur?

Jangan duduk dan menginjak kuburan

Meskipun kita mendoakan kerabat / orang yang kita cintai ketika meninggal, kita juga harus menghormati mereka dengan melakukan tata cara ziarah yang baik ke kuburan tanpa duduk atau menginjak atas kuburan. Hadits mengatakan bahwa: jangan berdoa (sholat) ke liang kubur dan jangan duduk di atasnya. (HR Muslim).

Hukum penguburan haji dalam Islam

Hukum kuburan dalam Islam diperbolehkan, yaitu diperbolehkan, oleh karena itu tidak perlu, jika dipenuhi akan bermanfaat, tetapi jika tidak dipenuhi maka tidak ada dosa. Implementasi untuk setiap orang. Sesuai dengan perkembangan zaman, mereka menyempatkan diri untuk berziarah ke kuburan.

Jika haji dilakukan maka akan menjadi hikmah yang bagus yang akan membuat orang merasa kecil di hadapan Allah SWT. Karena pada dasarnya kami hanya mengunjungi rumah masa depan semua orang. Kami tidak hanya berdoa untuk orang-orang yang kami kunjungi, tetapi juga sebagai pengingat bahwa kematian pasti akan datang kapan saja.

Allah menganjurkan untuk menunaikan ibadah haji dalam rangka mengenang kematian agar orang-orang siap untuk segala amalan kebaikan, namun terkadang sebagian orang bertindak mengelak di dalam kubur, misalnya di atas kapal dan lain-lain. Ini jelas dilarang, dan penghindaran adalah dosa yang tidak bisa diampuni oleh Tuhan.

Kebijaksanaan ziarah kuburan

Tujuan ziarah ke liang kubur adalah agar orang-orang mengingat kematian yang pasti akan menimpa mereka suatu saat nanti. Di sini, posisi orang yang berziarah hanya menunggu kematian, yang tidak mungkin bisa diprediksi. Karena kematian adalah misteri ilahi.

Mengingat kematian, seseorang diharapkan menyadari bahwa dirinya sedang membusuk di bumi dan jiwanya akan dimintai pertanggungjawaban pada hari pembalasan. Agar kita bisa menyiapkan bekal sebanyak-banyaknya berupa perbuatan baik yang akan membantu kita di hari retribusi.

Berziarah, orang tidak akan puas dengan fatamorgana kehidupan dunia sementara ini. Bagi masyarakat yang meyakini bahwa haji dapat menguatkan dan menambah keimanan dalam hatinya. Namun, bagi sebagian orang, itu bertindak sebagai arena penyembahan berhala, seperti meminta bantuan dari roh yang jelas-jelas tidak bernyawa. Itu saja penjelasan tentang Doa Ziarah Kubur.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page